Resep Diet Mayo 13 Hari

Monday, February 25, 2019

Makan siang Diet Mayo hari pertama
Menu diet mayo sudah ditentukan untuk 13 hari. Ada menu sampai hari ketujuh, lalu hari kedelapan menunya mengulang dari hari pertama. Kabar baiknya, menu diet mayo ini bisa diakali agar ada rasanya, asal tidak ditambahi garam. Bumbu-bumbu lain seperti bawang, bawang bombay, bawang merah, lada putih, lada hitam, cabe dan berbagai macam herba diperbolehkan. Tapi nggak boleh pakai kecap manis atau saus tomat botolan ya. Bahkan mentega pun boleh, asal yang tawar (unsalted butter).

Untuk sarapannya gampang banget, biasanya secangkir kopi atau teh, dengan 1 sendok teh gula rendah kalori. Saya pakai gula Tropicana Slim. Di hari keempat ada tambahan 1 iris roti bakar. Saya pakai roti gandum utuh (whole wheat bread). Sarapan hari kelima agak susah, karena cuma 1 wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk nipis. Saya pilih wortel organik biar aman. Hari ketujuh penuh tantangan karena di menu tidak ada makan malam. Saya sarapan kopi long black (double espresso) tanpa gula sekitar jam 9, setelah itu makan siang jam 3 sore.

Hari 1
Makan siang: 2 telur rebus + 1 ikat bayam rebus + tomat
Di hari pertama ini saya benar-benar polos makannya, nggak saya modifikasi apa-apa. Saya memakai telur ayam kampung, bayam organik dan dan tomat ceri yang biasa untuk salad, rasanya manis. Telurnya saya taburi lada hitam. Sebaiknya gunakan pepper mill (penggerus lada) agar wangi merica hitamnya masih terasa sedap. Kalau belum punya, coba beli deh, karena lada hitam ini bakal jadi best-friend kita selama diet mayo.

Makan malam (sebelum jam 6): Steak (150 grams) + selada dikucuri jus jeruk nipis.

Untuk membuat steak, saya membeli daging sapi Australia (sirloin, tenderloin atau round steak) di Ranch Market. Memang harganya lebih mahal sih, tapi rasanya jauh lebih enak daripada daging lokal. Tidak alot dan tetep enak walau dimakan tanpa garam. Untuk membuat steak, daging saya 'rendam' dengan separuh bawang bombay yang dicacah kecil-kecil. Bawang bombay ini nanti juga ikut di-grill. Gunakan pemanggang yang bagus, lebih berat lebih baik. Kalau di Indonesia, merk Happy Call atau Maxim sudah lumayanlah. Kalau bisa beli merk impor, beli Tefal. Pemanggang saya merk Benzer, bisa bikin pingsan orang kalau digetok di kepala :D

Tip membuat steak:

1. Gunakan api sedang, panaskan pemanggang sebentar.
2. Gunakan sedikit mentega tawar/unsalted butter, jangan margarin ya.
3. Panggang daging di satu sisi kira-kira 3-5 menit.
4. Balik satu kali, panggang lagi kira-kira 3 menit. Jangan terlalu lama, nanti dagingnya terasa kering dan keras. Paling enak adalah daging yang moist.
5. Kalau daging sampai gosong, mungkin apinya terlalu besar, atau pemanggangnya terlalu tipis (mudah panas).
6. Kalau dipanggang sebentar daging masih alot, artinya kualitas daging jelek atau potongan dagingnya salah (beli daging khusus untuk steak).

Hari 2
Makan Siang: Steak (150 grams) + selada + 1 pir

Resep untuk steak daging sapi sama. Buah pir saya pilih packham pear, pilih yang masih hijau biar crunchy, biasanya yang sudah kuning terlalu berair. Rasa pir packham ini seperti perpaduan jambu biji dan apel. Seladanya harus banyak ya, habiskan satu mangkok, jangan cuma dua lembar :p

Makan malam (sebelum jam 6): Ayam shawarma (250 grams) + 1 botol yoghurt plain

Ketika mencari-cari resep untuk ayam rebus atau panggang, saya teringat ayam shawarma, masakan Lebanon favorit kami dulu, yang dimakan dengan cocolan yoghurt. Saya mencari resep paling gampang membuat shawarma, dan masih saya modifikasi dengan bumbu yang tersedia di sini. Ini resep Shawarma:

Bahan:
250 gram ayam breast fillet, potong-potong strip
1/2 lemon, diperas, diambil jusnya
1 sendok teh curry powder (bubuk kari), saya pakai merk McCormick
2 sendok teh minyak zaitun
3 siung bawang putih, cincang halus

Campur bahan jadi satu, diamkan dalam kulkas minimal 1 jam. Panggang dalam oven atau grill.

Ketika makan, saya ambil sebagian yogurt plain untuk cocolan (ditambah bubuk bawang putih), dan sebagian lain untuk dessert. Syedap!

Hari 3
Makan siang: Dadar bayam dari 2 telur ayam kampung dan 1 ikat bayam + tomat + pir

Bosen makan telur rebus, kali ini telurnya saya dadar. Karena telur ayam kampung ukurannya kecil, dadarnya lebih banyak bayamnya daripada telurnya. Tapi nggak papa sih, masih bisa didadar dengan sesendok kecil minyak zaitun. Sebelum makan, taburi dengan lada hitam.

Makan malam (sebelum jam 6): Ayam shawarma (250 grams) + Selada dikucuri jus lemon

Hari 4:
Makan siang: 1 telur ayam kampung goreng tanpa minyak + wortel rebus sebentar + keju 20 gram

Harusnya kejunya yang kurang lemak (less fat) tapi saya nggak nemu. Yo wes, bonus :D

Makan malam (sebelum jam 6): 1 mangkok pepaya dikucuri jus jeruk nipis + 1 botol plain yoghurt 150 gram

Hari 5:
Makan siang: ayam rebus 250 grams + saus mentega

Hari ini saya berakhir pekan ke rumah mertua di Malang, tapi saya tetap menjalankan diet mayo. Saya menggunakan ayam breast fillet yang direbus biasa. Bahan-bahan untuk saus:

1 paket (10 g) unsalted butter (mentega tawar), saya pakai merk lurpark
1/2 bawang bombay, cincang halus
1 sendok makan krim (cream), saya pakai merk yummy
1/2 lemon, peras, ambil jusnya

Cara membuat saus: lelehkan mentega, masak bawang bombay sampai agak kecoklatan. Setelah itu masukkan krim dan jus lemon.

Saus ini rasanya kecut-kecut segar, cukup membantu menambah selera. Jadi meski ayamnya direbus doang, tetap bisa kemakan :))

Makan malam (sebelum jam 6): steak (250 gram) + selada

Hari 6:
Makan siang: pepes ayam 250 grams + bayam rebus

Ini menu saya yang paling gagal. Ternyata bumbu pepes tidak bisa dimodifikasi tanpa garam. Baunya sih wangi, ada kemangi dan jaun jeruknya, tapi rasanya nggak ada rasanya. Lebih baik nggak usah ditiru :D Tambahan lagi selada saya habis, jadi sayurnya saya ganti dengan bayam rebus. Gak enaaaak.

Makan malam (sebelum jam 6): 2 telur ayam kampung + wortel besar mentah diparut, dikucuri jus lemon

Hari 7:
Makan Siang: Steak (150 grams) + 1 pir
Makan malam: TIDAK ADA MAKAN MALAM *nangis*

Hari 8
Makan siang: 2 telur ayam kampung + 1 ikat bayam rebus + tomat

Hari 9
Makan Siang: Steak (150 grams) + selada + 1 pir

Makan malam (sebelum jam 6): Ayam shawarma (250 grams) + 1 botol yoghurt plain

Hari 10
Makan siang: 2 telur ayam kampung + 1 ikat bayam rebus + tomat + pir

Makan malam (sebelum jam 6): Ayam panggang rosemary lemon (250 grams) + Selada dikucuri jus jeruk nipis

Setelah gagal membuat pepes ayam tanpa garam, saya mencari-cari resep ayam lainnya. Ternyata @diladol, adik saya yang pinter masak, punya resep 'baked chicken with rosemary and lemon'. Saya bersorak gembira karena resep ini amat sangat mudah banget. Sekarang ini Big A (13 tahun) pun bisa masak sendiri kalau sedang pengen.

Bahan:
1 ayam paha bawah
1/2 jeruk lemon, diambil jusnya
1 sdt bubuk bawang putih (atau 3 siung bawang putih segar, cincang halus)
1 sdt rosemary kering (dijual di supermarket bagian herba)
1 sdm minyak zaitun
lada hitam secukupnya

Cara membuat: Tusuk-tusuk ayam dengan garpu atau ujung pisau. Campur semua bumbu jadi satu, diamkan minimal 1 jam di kulkas. Letakkan ayam di loyang yang dilapisi aluminium foil. Panggang di oven 240 derajat celcius selama 45 menit.

Ini enak banget, seketika jadi favorit keluarga kami. Tanpa garam pun sudah enak. Untuk anak-anak saya beri garam sejimpit.

Hari 11:

Hari 12:
Makan siang: ayam rebus 250 grams + saus mentega
Hari ini saya ada ujian, jadi ayamnya saya masak pagi-pagi dan dijadikan bekal. Ternyata nggak seenak kalau dimakan fresh setelah dimasak. Saya hanya mampu makan separuhnya. Tapi gimana lagi, diet harus jalan terus!

Makan malam (sebelum jam 6): steak (250 gram) + selada

Hari 13 (terakhir):
Makan siang: ayam panggang rosemary lemon 250 grams + selada dikucuri jus lemon

Yay! SELESAI! *dapat kalungan medali*

Ingat ya, selama diet harus selalu minum air putih banyak-banyak, minimal 2 Liter sehari.

Good luck untuk yang mau mencoba Resep Diet Mayo 13 Hari ini. Dan jangan lupa simak juga atikel kami edisi liburan yaitu MENIKMATI KEINDAHAN PANTAI GEGER DI PULAU BALI.