Air Terjun Mananggar Niagara dari Borneo


Wednesday, June 19, 2019

Air Terjun Mananggar Niagara dari Borneo - Keindahan tersembunyi terletak di ujung atas sungai Landak, bak Niagara yang berada di Kalimantan. Air terjun ini bukan berada di Amerika serikat, namun berada di Kab. Landak.

Air terjun yang berupa patahan Sungai Landak ini berada di Hulu Sungai Landak. Tepatnya di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Jarak lokasi itu sekitar 290 kilometer dari timur laut Kota Pontianak, Kalimantan Barat.


Ibarat pepatah, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Hal ini karna untuk melihat air terjun ini, kita harus sabar karena dibutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Dari sana, kemudian melakukan perjalanan lagi menggunakan perahu.

Akan tetapi, perjalanan panjang dan melelahkan itu akan terbayar kala kita melihat keindahan buih air yang bertebaran di sekitar area, belum lagi suasana sejuk yang diberikan akan membuat lelah segera hilang. Air Terjun yang terletak 700 meter diatas permukaan laut ini memiliki ketinggian dan lebar sekitar 60 meter.

[ BACA JUGABrandenburg Gate di Berlin ]

Tidak hanya itu, di bawah air terjun ini ada danau yang luasnya sekitar 2 hektare dan di kiri kanan air terjun terdapat hutan alami yang masih terjaga. Selain itu, di sekitar lokasi juga ada Gua Sanjan yang memiliki air terjun dan sungai kecil.

Rasa lelah akan terbayarkan dengan kepuasan melihat keindahan ribuan tetes air yang jatuh di air terjun dan bersatu kedalam sebuah danau luas ditengah hutan tropis.


Bagaimana guys indah bukan Air Terjun Mananggar Niagara dari Borneo ini, yang sayang kalau kalian harus lewatkan. Nah, jangan hanya menikmatinya lewat foto aja tapi akan jauh lebih nikmat jika di menikmatinya secara langsung terlebih jika kalian yang suka hunting foto untuk instagram pasti akan bikin teman - teman lo pada ngiler. Hehee.. Semoga bermanfaat yah guys artikelnya.